Laman

Sabtu, 08 Desember 2012

Cara Membuat Aplikasi Menggunakan MS Access - Database


Aplikasi Database adalah aplikasi yang dapat mengolah serta menampilkan data dari beberapa tipe file. Dalam satu file database dibuat lebih dari satu type file untuk mengelola data yang terdiri dari tabel, form, report (laporan). Database dapat menyimpan informasi tentang orang, produk, pesanan, atau lainnya.

Tabel dan Form aplikasi database float
Gambar: Tabel dan Form aplikasi database float

Sebagai gambaran singkat tipical aplikasi database yaitu:
  1. Tabel. Tabel database terdiri baris dan kolom sebagai sarana utama untuk menginput data. Konten tabel merupakan sumber database bila kita nantinya akan dibuatkan report/laporan. Disamping itu juga tabel merupakan alat utama untuk membuat table query.
  2. Primary key. Saya mengartikan Primary key sebagai kunci utama yang dapat memberi kemudahan untuk menampilkan data tertentu. Dengan klick primary key yang sudah ditetapkan maka dengan sendirinya semua data yang berhubungan dengan primary tersebut akan ditampilkan baik pada tabel maupun form.
  3. Form Input data database
    Gambar: Form Input data database dalam microsoft Access
  4. Form. Form adalah sarana yang kebanyakan digunakan oleh pengguna database Microsoft Access baik untuk menginput data maupun menampilkan data. Pada tampilan Form dapat tambahkan beberapa command baik untuk memudahkan input maupun menampilkan data(Command Button Wizard).
  5. Queries. Queries adalah table yang bersumber dari table data yang dibuat sebelumnya. Query merupakan jembatan untuk menampilkan data sesuai dengan kebutuhan pengguna database access. Query terdiri dari Simple Query Wizard, Crosstab Query Wizard, Find Duplicate Query Wizard, Find Unmatched Query Wizard. Query juga sebagai alat yang penting untuk menampilkan hasil hitungan.
  6. Reports. Reports atau laporan merupakan data yang bersumber dari tabel yang dibuat sebelumnya. tampilan report ini juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna database. Walaupun Report ini bersumber dari tabel database namun ditampilkan tidak sama dengan tabel sumber data.
  7. Macros. Macro adalah tool yang bekerja secara otomatis sebagai fungsi tambahan pada Form, Laporan.
  8. Modules. Modules sama seperti macros yang bekerja sebagai fungsi tambahan pada database yang kita buat. Modul ini dibuat atau ditulis pada Visual Basic for Application yang berisi sekumpulan deklarasi, pernyataan, dan procedure yang sudah tersimpan sebagai satu kesatuan.
Tabel design (rancangan) database access terdiri dari:
  • Field Name. Field Name sebagai baris yang berfungsi baik untuk menginput maupun menyimpan data.
  • Design Tabel database access
    Gambar: Design Tabel database access
  • Data Type. Data type adalah tipe data dari Field Name yang terdiri dari, Text, Number, Memo, Currency, Auto number, Date/Time, Hyperlink, OLE Object, Attachment, Lookup Wizard. Menentukan Data type harus berhati-hati terutama bagi kita yang baru mengenal Microsoft access khususnya pada saat menentukan Primary Key. Merubah Data Type yang sudah ditetapkan sebagai Primary key akan dapat mengambat kelancaran pengolahan data khusus pada tabel Query. Untuk menampilkan foto/Image pada Data Type harus memilih Attachment.
  • Discription. Discription adalah gambaran Data Field Name dan Data Type. Untuk kolom Discription ini boleh diisi atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar