Laman

Jumat, 07 Desember 2012

tagmention


Bayangkan menerima email dan data melalui radio. Seorang pemuda 22 tahun mengembangkan perangkat lunak yang memungkinkan kita melakukan hal itu. Radio lebih punya daya jangkau yang jauh menjangkau India. Dengan transistors kecil yang lebih murah dan mudah didapatkan. Vinny Lohan telah menemukan cara untuk mengirim data dari komputer melalui paparan gelombang radio. Dia percaya ide ini bisa membuat India terhubung secara online dengan mudah.

“Komputer hanya berisi tentang angka 0 dan 1. Baik itu berupa video, musik, bagi komputer ini tetap dianggap sebagai 0 dan 1. Dari situ kita bertanya, dapatkah kita membuat buku atau video dan mengubahnya menjadi musik. Lalu mengirimnya melalui gelombang udara. Lalu didapatilah jawaban ya,” kata Vinny.
Yang diperlukan hanyalah OneBeep, perangkat lunak khusus yang oleh Vinny dan temannya kembangkan bersama. Untuk mengirimkan file, baik itu berupa video ataupun teks, kita hanya perlu memilih dan menarik file ke dalam perangkat lunaknya. OneBeep akan mergubah data ini ke dalam bentuk audio, yang bisa ditransmisikan ke gelombang udara.
Penerima dapat menyambungkan radionya ke laptop atau komputer tablet yang murah, menggunakan jack headphone. Lalu OneBeep yang terinstal disana akan secara otomatis mengubah file audio kembali berujud data. Ini seperti menerima email melalui radio.
CEO OneBeep Vinny menambahkan, “Ini sepeti halnya bit-torrent. Saat kita mengunduh file, perangkat mereka akan mengetahui saat data tertahan dan kapan saat melanjutkan. Kami memecah data dalam beberapa paket. Perangkat ini akan mengubah audio ke dalam paket data yang bisa diterima komputer. Katakanlah sinyal kita melemah atau bateai habis. Saat melanjutkan, dia akan memungut dari tempat dimana terakhir dia dapatkan.”
OneBeep sama sekali tak membutuhkan perubahan dari stasiun radio yang ada saat ini. Makanya mereka mendapatkan perhatian dimana pada tahun 2010, Vinny dan timnya mendapat juara ketiga dalam kontes tingkat dunia untuk inovator teknologi dalam Microsoft’s Imagine Cup.
==
Mention dari :

[Video] Man creates software to send data through radio http://t.co/XFTEuGe2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar