Pertama kali yang harus Anda pelajari adalah dasar desain grafis, apa saja dasar desain grafis itu?. Saya akan memberikan listnya :
1.
Nirmana :
nirmana atau dalam artinya tidak ada makan adalah unsur wajib dalam sebuah desain. Di dalam
Nirmana terkandung dasar
pemakaian warna,
typografi, pelajaran bentuk, garis, bidang dan lain sebagainya. Secara detail akan dibahas pada
artikel berikut.
2. Pewarnaan :
Warna adalah elemen pasti dalam sebuah bidang, entah itu hitam putih atau
warna lainnya. Kesemuanya mewakili arti dan definisi tersendiri. Dengan
warna, seseorang dapat melihat apakah sebuah desain tersebut mempunyai tujuan apa, arti apa, dan mewakili apa. Secara detail akan dibahas pada
artikel berikut.
3. Typografi : Mempelajari typografi sangat penting terutama kepeada desainer yang akan memasukkan kata-kata atau
tulisan dalam karyanya.
Tipografi atau dalam bahasa inggris Typography adalah sebuah ilmu yang khusus mempelajari tentang
tulisan, baik jenis, ukuran, cara mebuat
font dan lain sebgainya. Secara detail akan dibahas pada
artikel berikut.
4.
Software : Penggunaan perangkat lunak wajib dikuasai oleh seorang desainer grafis. Menggunakan sofrtware desain tentunya. Melalui penggunaan
software desain grafis akan sangat menguntungkan dari segi waktu, biaya, dah banyaknya karya. Secara detail akan dibahas pada
artikel berikut.
5.
Sketsa : Kemampuan menggambar secara tradisional atau cara menggambar dengan pena di atas kertas akan berguna ketika kita akan membuatnya dalam bentuk digital melalui
software desain grafis. Pengetahuan tantang proporsi,
warna, dan
nirmanalangsung bisa dipraktekkan melalui cara
sketsa. Terkadang, mendesain dengan
softwareakan membutuhkan waktu yang lama jika tidak punya ide tertentu. Ide ini biasa didapt ditempat umum, kehidupan sehari-hari atau juga ditemapat yang tidak lazim. Kita akan kesulitan jika selalu membawa laptop ataupun piranti untuk desain grafis kecuali stylus dan bidangnya ysng mudah dibawa kemana-mana namun harganya cukup mahal. Akan mudah bila kita menggunakan cara-cara tradisional.
6. Kemampuan umum : kemampuan umum juga menentukan hasil karya desain grafis. Kadang dalam membuat sebuah karya desain, kita dihadapkan pada situasi dan kondisi. Seperti membuah company profil sebuah perusahaan. Nah, kemampuan umumnya adalah dunianya perusahaan tersebut, target customer,
logo, visi misi perusahaan, area atau wilayah pemasaran, budaya dan lain sebagainya.
Kemampuan dasar desainer grafis sudah pernah saya posting sebelumnya. Namu saya berniat untuk mengingatkan Anda. Kemampuan umum bagi seorang desainer grafis akan saya perinci dibawah ini.
- Wawasan Teknologi
- Wawasan Sains
- Wawasan Seni
- Wawasan Sosial dan Budaya
- Wawasan Filsafat dan Etika
Ruang lingkup desain grafis cukup luas, ekpresi jiwa Anda mungkin akan menambah khasanah
desain grafis. Tulisan ini tidak lah cukup dalam mengintepretsaikan desain grafis yang memang begitu luasnya. Saya berharap
tulisan ini bisa membantu para pemula untuk mempelajari dunia desain grafis. Selamat bergabung di dunia yang penuh kreasi dan inovasi ini.
Semoga Anda menikmati artikel ini dan jangan lupa bergabung dengan teman-teman yang lain di Facebook
AhliDesain, dan ikuti
Twitter saya. Jika Anda menyukai artikel-artikel dari saya jangan lupa untuk memasukkannya dalam subscribe ke ahlidesain
RSS Feed.
Bila ada yang ditanyakan, saran, tanggapan dan ide kreatif silakan isi pada komentar, saya akan mencoba menjawab secepat dan sebaik mungkin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar